PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN SAMARINDA
REPOSITORY
Select Language

Simple Search

Advanced Search
Title :
Author(s) :
  • SEARCHING...

Subject(s) :
  • SEARCHING...

ISBN/ISSN :
GMD : Collection Type : Location :
License

This Software is Released Under GNU GPL License Version 3.

indexed
Visitors
Flag Counter

Statistic
Total Collection:
Title TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS GUNUNG SARI ULU PERIODE APRIL 2018
Edition No.131
Call Number 615.7 Azi T
ISBN/ISSN
Author(s) Azis, Syaeful - Personal Name
Subject(s) Tingkat kepuasan pasien
Classification 615
Series Title
GMD Karya Tulis Ilmiah
Language Indonesia
Publisher Akademi Farmasi Samarinda
Publishing Year 2018
Publishing Place Samarinda
Collation 73 hal ; ill ; 23 cm
Abstract/Notes ABSTRAK Mutu pelayanan kesehatan menunjukkan tingkat kesempu aan pelayanan kesehatan dan menjadi salah satu indikator keberhasilan pelayanan kesehatan dalam menimbulkan rasa puas pada diri pasien. Peningkatan akan mutu pelayanan termasuk pelayanan dasar di puskesmas, memacu tiap puskesmas lebih efektif dan efisien serta memberi kepuasan terhadap pasien, keluarga maupun masyarakat. Keluhan pasien merupakan bagian dari harapan yang tidak terpenuhi, apabila tidak segera ditangani akan mengakibatkan menurunnya kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Gunung Sari Ulu. Metode penelitian adalah penelitian non eksperimental menggunakan desain deskriptif dan kuantitatif.Sampel dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan yang mendapatkan pelayanan farmasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling, penentuan sampel dengan menggunakan sistem estimasi proporsi diperoleh 102 pasien sebagai responden yang diukur berdasarkan kuesioner tentang harapan dan kenyataan. Alat ukur tesebut telah di uji validitas nya, diperoleh 18 butir soal valid dengan reliabilitas untuk kenyataan 0,6167 dan reliabilitas untuk harapan 0,6061. Gambaran kepuasan yang diperoleh pada dimensi Reliability, Empathy, dan Responbility secara keseluruhan dikategorikan memuaskan, sedangkan atribut yang terdapat pada dimensi Assurance dan Tangibility secara keseluruhan belum memuaskan. Pengujian dengan metode Importance-Performance Analysis (IPA) dengan tingkat kesesuaian rata-rata harapan 2,97 dan kenyataan 2,75 menghasilkan ada dua atribut perlu ditingkatkan kinerjanya. Kata Kunci : tingkat kepuasan, pasien, pelayanan kefarmasian, puskemas gunung sari ulu
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous