|
PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN SAMARINDA REPOSITORY
|
Select Language
Simple Search
Advanced Search
License
This Software is Released Under GNU GPL License
Version 3.
indexed
Visitors
Statistic
|
Title |
TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS GUNUNG SARI ULU PERIODE APRIL 2018 |
Edition |
No.131 |
Call Number |
615.7 Azi T |
ISBN/ISSN |
|
Author(s) |
Azis, Syaeful - Personal Name
|
Subject(s) |
Tingkat kepuasan pasien
|
Classification |
615 |
Series Title |
|
GMD |
Karya Tulis Ilmiah |
Language |
Indonesia |
Publisher |
Akademi Farmasi Samarinda |
Publishing Year |
2018 |
Publishing Place |
Samarinda |
Collation |
73 hal ; ill ; 23 cm |
Abstract/Notes |
ABSTRAK Mutu pelayanan kesehatan menunjukkan tingkat kesempu aan pelayanan kesehatan dan menjadi salah satu indikator keberhasilan pelayanan kesehatan dalam menimbulkan rasa puas pada diri pasien. Peningkatan akan mutu pelayanan termasuk pelayanan dasar di puskesmas, memacu tiap puskesmas lebih efektif dan efisien serta memberi kepuasan terhadap pasien, keluarga maupun masyarakat. Keluhan pasien merupakan bagian dari harapan yang tidak terpenuhi, apabila tidak segera ditangani akan mengakibatkan menurunnya kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Gunung Sari Ulu. Metode penelitian adalah penelitian non eksperimental menggunakan desain deskriptif dan kuantitatif.Sampel dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan yang mendapatkan pelayanan farmasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling, penentuan sampel dengan menggunakan sistem estimasi proporsi diperoleh 102 pasien sebagai responden yang diukur berdasarkan kuesioner tentang harapan dan kenyataan. Alat ukur tesebut telah di uji validitas nya, diperoleh 18 butir soal valid dengan reliabilitas untuk kenyataan 0,6167 dan reliabilitas untuk harapan 0,6061. Gambaran kepuasan yang diperoleh pada dimensi Reliability, Empathy, dan Responbility secara keseluruhan dikategorikan memuaskan, sedangkan atribut yang terdapat pada dimensi Assurance dan Tangibility secara keseluruhan belum memuaskan. Pengujian dengan metode Importance-Performance Analysis (IPA) dengan tingkat kesesuaian rata-rata harapan 2,97 dan kenyataan 2,75 menghasilkan ada dua atribut perlu ditingkatkan kinerjanya. Kata Kunci : tingkat kepuasan, pasien, pelayanan kefarmasian, puskemas gunung sari ulu |
Specific Detail Info |
|
Image |
|
File Attachment |
LOADING LIST... |
Availability |
LOADING LIST... |
|
Back To Previous |
|