PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN SAMARINDA
REPOSITORY
Select Language

Simple Search

Advanced Search
Title :
Author(s) :
  • SEARCHING...

Subject(s) :
  • SEARCHING...

ISBN/ISSN :
GMD : Collection Type : Location :
License

This Software is Released Under GNU GPL License Version 3.

indexed
Visitors
Flag Counter

Statistic
Total Collection:
Title TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS SEMPAJA SAMARINDA
Edition No. 153
Call Number 615.7 Afh T
ISBN/ISSN
Author(s) Afhany, Adnan Fahlevi - Personal Name
Subject(s) Tingkat kepuasan pasien
Classification 615
Series Title
GMD Karya Tulis Ilmiah
Language Indonesia
Publisher Akademi Farmasi Samarinda
Publishing Year 2018
Publishing Place Samarinda
Collation 79 hal ; ill ; 23 cm
Abstract/Notes ABSTRAK Penyelenggaraan standar pelayanan kefarmasian di Puskesmas harus didukung oleh ketersediaan sumber daya kefarmasian, yang berorientasi kepada keselamatan pasien, dan standar prosedur operasional sesuai dengan ketentuan undang-undang. Kualitas Puskesmas dapat dilihat dari kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Sempaja Samarinda pada bulan Mei 2018, yang diukur berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No.25/KEP/M.PAN/2/2004, tentang pedoman umum indeks kepuasan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Deskrpitif Kuantitatif. Pengambilan data dilakukan dengan cara membagikan kuisioner kepada pasien yang mendapat pelayanan kefarmasian. Penelitian ini terbagi menjadi dua variabel, yaitu variabel bebas (independen) dan variabel terikat (dependen). Analisis data yang dilakukan dengan menghitung rata-rata jawaban responden dari masing-masing dimensi pe yataan pelayanan yaitu Tangible (bukti fisik), Reliability (kemampuan), Responsiveness (ketanggapan), Assurance (jaminan) dan Empathy (kepedulian) yang kemudian disesuaikan dengan skala Likert yang berlaku. Cara analisis data dengan uji statistik menggunakan SPSS 20. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Sempaja menunjukkan nilai 82,1 atau pasien sangat puas terhadap kinerja pelayanan kefarmasian di Puskesmas Sempaja. Kata Kunci : Tingkat Kepuasan, Puskesmas Sempaja, Pelayanan Kefarmasian
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous