PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN SAMARINDA
REPOSITORY
Select Language

Simple Search

Advanced Search
Title :
Author(s) :
  • SEARCHING...

Subject(s) :
  • SEARCHING...

ISBN/ISSN :
GMD : Collection Type : Location :
License

This Software is Released Under GNU GPL License Version 3.

indexed
Visitors
Flag Counter

Statistic
Total Collection:
Title GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK X DI KECAMATAN PALARAN PERIODE JULI 2023
Edition No. 75
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) DICKY SETIAJI - Personal Name
Subject(s) Pelayanan Kefarmasian
kepuasan
SERVQUAL
apotek X
Classification
Series Title
GMD Karya Tulis Ilmiah
Language Indonesia
Publisher Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Samarinda
Publishing Year 2023
Publishing Place Samarinda
Collation
Abstract/Notes ABSTRAK

Kepuasan merupakan perasaan senang atau kecewa seseorang yang
muncul setelah membandingkan antara persepsi atau kesan terhadap kinerja atau
hasil produk dan harapan-harapannya. Ada lima dimensi kualitas pelayanan yang
dapat digunakan untuk mengukur kepuasan konsumen terhadap suatu pelayanan
yaitu, tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy (SERVQUAL).
Apotek X merupakan salah satu apotek yang berada di Jalan Adi Sucipto RT.02
Kelurahan Rawa Makmur Kecamatan Palaran Kota Samarinda, apotek ini
merupakan apotek yang cukup ramai dikunjungi pasien. Hal ini dapat dilihat dari
rata-rata pasien yang berkunjung dan berobat perharinya adalah sekitar 50 hingga
80. Jumlah tenaga kefarmasian di apotek sebanyak 5 orang yang terdiri dari 1
apoteker dan 4 tenaga teknis kefarmasian. Pelayanan Kefarmasian merupakan
suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan
dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk
meningkatkan mutu kehidupan pasien. Tujuan penelitian yaitu mengetahui tingkat
kepuasan pasien di apotek terhadap pelayanan kefarmasian. Sampel dalam
penelitian ini merupakan pasien atau konsumen yang datang yang mendapatkan
pelayanan kefarmasian di apotek. Jenis penelitian deskriptif. Cara pengambilan
sampel dengan metode non-eksperimental sampling dengan teknik accident
sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 303 responden. Metode perhitungan
tingkat kepuasan konsumen menggunakan metode Skala Likert. Berdasarkan
hasil penelitian tingkat kepuasan pasien Apotek X di Kecamatan Palaran
menujukkan kepuasan pasien dimensi reliability sebesar 82,5 % (Baik),
responsiveness 81,5 (Baik), assurance 83,5 (Sangat Baik) dan tangible 83,75%
(Sangat baik). Hasik rekapitulasi survei kepuasan pasien menunjukkan Indeks
Kepuasan Pasien (IKM) pada bulan juli 2023 adalah 82,5 dengan kategori mutu
pelayanan baik.

Kata kunci : kepuasan, SERVQUAL, apotek X, pelayanan kefarmasian
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous