PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN SAMARINDA
REPOSITORY
Select Language

Simple Search

Advanced Search
Title :
Author(s) :
  • SEARCHING...

Subject(s) :
  • SEARCHING...

ISBN/ISSN :
GMD : Collection Type : Location :
License

This Software is Released Under GNU GPL License Version 3.

indexed
Visitors
Flag Counter

Statistic
Total Collection:
Title ANALISIS LABEL HALAL PADA KOSMETIK TERHADAP MINAT BELI MASYARAKAT DI KECAMATAN PALARAN
Edition No. 10
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) FAJRINA ZAKI ARDLI - Personal Name
Subject(s) Kosmetik
Classification
Series Title
GMD Karya Tulis Ilmiah
Language Indonesia
Publisher Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Samarinda
Publishing Year
Publishing Place Samarinda
Collation
Abstract/Notes Indonesia merupakan negara dengan mayoritas masyarakatnya beragama
Islam. Bagi umat Islam segala sesuatu yang dimakan atau digunakan wajib bersifat
halal, termasuk didalamnya kosmetik yang digunakan sehari-hari. Adanya
labelisasi halal pada setiap produk membuat umat Islam lebih tenang dalam
menggunakan suatu produk. Tidak hanya konsumen muslim, dari kalangan
konsumen beragama lain pun mulai menjadikan produk halal sebagai standar untuk
produk yang akan mereka konsumsi. Produk halal dijadikan sebagai acuan atau
standar untuk jaminan kualitas, kebersihan, kesehatan,dan keselamatan dari apa
yang mereka konsumsi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah
ada pengaruh antara label halal pada kosmetik terhadap minat beli masyarakat di
Kecamatan Palaran.
Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Sampel yang
digunakan sebanyak 391 orang wanita dengan kisaran usia 18-55 tahun diambil
secara acak di Kecamatan Palaran. Variabel bebas dari penelitian ini adalah label
halal pada kosmetik, dan variabel terikat pada penelitian ini adalah minat beli
masyarakat. Pengumpulan data melalui kuesioner dan pengolahan data dengan
analisis deskriptif menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa label
halal mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian atau minat beli. Hasil uji
parsial menunjukkan t hitung = 45,875 lebih besar dari t tabel = 1.966, artinya
terdapat pengaruh label halal terhadap minat beli masyarakat. Berdasarkan hasil
penelitian, brand kosmetik terbanyak yang digunakan oleh respoden adalah
Wardah, MS Glow, Emina dan beberapa brand kosmetik yang telah memiliki
sertifikat halal. Kemudian usia terbanyak pengguna aktif kosmetik adalah wanita
dengan usia 18-25 tahun dengan pekerjaan terbanyak adalah pelajar/mahasiswa.

Kata kunci: Analisis, Label Halal, Kosmetik, Minat Beli, Kecamatan Palaran
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous