|
PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN SAMARINDA REPOSITORY
|
Select Language
Simple Search
Advanced Search
License
This Software is Released Under GNU GPL License
Version 3.
indexed
Visitors
Statistic
|
Title |
GAMBARAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP BAURAN PEMASARAN DI APOTEK MUSTANG FARMA |
Edition |
No. 21 |
Call Number |
|
ISBN/ISSN |
|
Author(s) |
NAUFAL AQIL AFIRA - Personal Name
|
Subject(s) |
kepuasan konsumen
|
Classification |
|
Series Title |
|
GMD |
Karya Tulis Ilmiah |
Language |
Indonesia |
Publisher |
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Samarinda |
Publishing Year |
|
Publishing Place |
Samarinda |
Collation |
|
Abstract/Notes |
Bauran pemasaran adalah kumpulan aktivitas pemasaran yang digunakan untuk
melayani pasar sasaran. Konsep bauran pemasaran terdiri dari 4P, yaitu product,
price, place dan promotion. Seiring berjalannya waktu bauran pemasaran diperluas
dengan penambahan unsur yaitu orang (people), fasilitas fisik (physical evidence) dan
proses (process) sehingga menjadi tujuh unsur (7P). Kepuasan konsumen dapat di
analisis menggunakan survei kepuasan masyarakat. Survei kepuasan masyarakat
adalah pengukuran secara komprehensif kegiatan tentang tingkat kepuasan
masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran atas pendapat pelayanan dari
penyelenggara pelayanan publik. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui gambaran
kepuasan konsumen terhadap bauran pemasaran di Apotek Mustang Farma dan nilai
survei kepuasan masyarakat pada apotek tersebut. Rancangan penelitian ini
merupakan penelitian non-experimental dengan menggunakan metode penelitian
deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling dengan
menggunakan metode simple random sampling. Tahapan penelitian meliputi tahapan
persiapan, pengumpulan data, uji intrumen penelitian, pengolahan data, pembahasan
dan kesimpulan. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yang
memberikan gambaran terhadap objek yang diteliti dan uji instrumen untuk menguji
dan mengukur instrumen kuesioner yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas dan
asumsi klasik.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari 330 responden yaitu nilai
signifikansi pada uji regresi yaitu 0,04 < 0,05 yang berarti bahwa variabel bauran
pemasaran (X) secara bersama-sama mempengaruhi variabel kepuasan (Y) dan hasil
survei kepuasan konsumen yaitu produk dengan nilai (76,43) termasuk kurang baik,
harga dengan nilai (73,67) termasuk kurang baik, tempat dengan nilai (77,4) termasuk
baik, promosi dengan nilai (47,9) termasuk tidak baik, sumber daya manusia dengan
nilai (69,39) termasuk kurang baik, proses dengan nilai (64,96) termasuk tidak baik,
tampilan fisik dengan nilai (77,27) termasuk baik dan keseluruhan nilai kepuasan
konsumen terhadap apotek tersebut (69,5) termasuk kurang baik.
Kata Kunci : bauran pemasaran, apotek, kepuasan konsumen, kuesioner |
Specific Detail Info |
|
Image |
|
File Attachment |
LOADING LIST... |
Availability |
LOADING LIST... |
|
Back To Previous |
|