PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN SAMARINDA
REPOSITORY
Select Language

Simple Search

Advanced Search
Title :
Author(s) :
  • SEARCHING...

Subject(s) :
  • SEARCHING...

ISBN/ISSN :
GMD : Collection Type : Location :
License

This Software is Released Under GNU GPL License Version 3.

indexed
Visitors
Flag Counter

Statistic
Total Collection:
Title GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT
Edition NO 50
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) RICKY RAHMAN - Personal Name
Subject(s) Kepuasan pasien
pelayanan farmasi
RSUD Datu Beru Takengon
Classification
Series Title
GMD Karya Tulis Ilmiah
Language Indonesia
Publisher Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Samarinda
Publishing Year 2021
Publishing Place Samarinda
Collation
Abstract/Notes GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP
PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI

RAWAT JALAN RUMAH

ABSTRAK

Studi literatur ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat
jalan di instalasi farmasi rumah sakit. Rumah Sakit merupakan institusi pelayanan
kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara
paripurna meliputi pelayanan rawat jalan, rawat inap, dan rawat darurat. Salah
satu indikator untuk mengevaluasi kualitas pelayanan farmasi adalah dengan
mengukur tingkat kepuasan/pelanggan. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi
literatur dengan metode analisis deskriptif yaitu menggunakan data sekunder
yang telah ditelaah dari beberapa literatur dan dituangkan dalam bentuk tabel.
Adapun tahapan penelitian yaitu: melakukan kompilasi data berupa penyuntingan
dan meringkas sehingga didapatkan data utama inti tulisan, penyajian data
dituangkan dalam tabel deskriptif, penarikan kesimpulan dan melakukan verifikasi
dan tinjauan ulang data yang didapat agar penarikan simpulan dilakukan dengan
benar. Hasil penelitian studi literatur persentase tingkat kepuasan pasien terhadap
pelayanan kefarmasian di RSUD Datu Beru Takengon untuk semua dimensi yaitu
pada dimensi Reliability/Kehandalan: 91,8 %, Responsiveness/Ketanggapan: 55,1
%, Empathy/Empati: 53,1 %, Assurance/Jaminan: 64,3 %, Tangible/Wujud Nyata:
66,3 % dan persentase tingkat kepuasan di RSUD Gunung Jati Kota Cirebon
untuk semua dimensi yaitu pada dimensi Reliability/Kehandalan: 69,5 %,
Responsiveness/Ketanggapan: 68,5 %, Empathy/Empati: 59,3 %,
Assurance/Jaminan: 79,5 %, Tangible/Wujud Nyata: 68,66 %.

Kata Kunci: kepuasan pasien, pelayanan farmasi, RSUD Datu Beru Takengon, RSUD Gunung Jati Kota Cirebon.
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous