|
PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN SAMARINDA REPOSITORY
|
Select Language
Simple Search
Advanced Search
License
This Software is Released Under GNU GPL License
Version 3.
indexed
Visitors
Statistic
|
Title |
STUDI LITERATUR PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT |
Edition |
No.176 |
Call Number |
610.7 ZUL s |
ISBN/ISSN |
|
Author(s) |
ZULFADHLI - Personal Name
|
Subject(s) |
kualitas pelayanan
|
Classification |
610.7 |
Series Title |
|
GMD |
Karya Tulis Ilmiah |
Language |
Indonesia |
Publisher |
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Samarinda |
Publishing Year |
2020 |
Publishing Place |
Samarinda |
Collation |
|
Abstract/Notes |
STUDI LITERATUR PENGARUH KUALITAS PELAYANAN
TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI
RUMAH SAKIT
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan yang
terdiri dari tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy terhadap
kepuasan pasien rawat jalan di rumah sakit. Kualitas pelayanan kesehatan
menunjukkan tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam menimbulkan
rasa puas pada diri pasien. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi
literatur, yang dilakukan dengan cara mengumpulkan, mempelajari dan menelaah
buku-buku serta dokumen yang terkait seperti jurnal ilmiah. Obyek penelitian ini
adalah kualitas pelayanan rawat jalan di rumah sakit, dimana analisis data
dilakukan dengan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
diperoleh nilai R2 pada RS. St. Elisabeth Semarang sebesar 0,716, nilai R2 RS.
Thursina Duri sebesar 0,959 dan nilai R2 RS. Sarila Husada Sragen sebesar 0,377,
artinya masing-masing variabel kualitas pelayanan di RS. St. Elisabeth Semarang,
RS. Thursina Duri dan RS. Sarila Husada Sragen secara simultan memberikan
sumbangan pengaruh terhadap kepuasan pasien sebesar 71,6%, 95,9% dan 37,7%.
Sedangkan secara parsial variabel assurance dengan nilai sig. 0,047 < 0,05
berpengaruh dominan dan signifikan terhadap kepuasan pasien di RS. St.
Elisabeth Semarang, responsiveness dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 berpengaruh
dominan dan signifikan terhadap kepuasan pasien di RS. Thursina Duri dan
reliability dengan nilai sig. 0,004 < 0,05 berpengaruh dominan dan signifikan
terhadap kepuasan pasien di RS. Sarila Husada Sragen. Kesimpulan dari
penelitian ini terbukti bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan
pasien rawat jalan di rumah sakit.
Kata kunci: kualitas pelayanan, rawat jalan, rumah sakit, kepuasan pasien |
Specific Detail Info |
|
Image |
|
File Attachment |
LOADING LIST... |
Availability |
LOADING LIST... |
|
Back To Previous |
|