PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN SAMARINDA
REPOSITORY
Select Language

Simple Search

Advanced Search
Title :
Author(s) :
  • SEARCHING...

Subject(s) :
  • SEARCHING...

ISBN/ISSN :
GMD : Collection Type : Location :
License

This Software is Released Under GNU GPL License Version 3.

indexed
Visitors
Flag Counter

Statistic
Total Collection:
Title STUDI LITERATUR PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT
Edition No.176
Call Number 610.7 ZUL s
ISBN/ISSN
Author(s) ZULFADHLI - Personal Name
Subject(s) kualitas pelayanan
Classification 610.7
Series Title
GMD Karya Tulis Ilmiah
Language Indonesia
Publisher Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Samarinda
Publishing Year 2020
Publishing Place Samarinda
Collation
Abstract/Notes STUDI LITERATUR PENGARUH KUALITAS PELAYANAN
TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI

RUMAH SAKIT

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan yang
terdiri dari tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy terhadap
kepuasan pasien rawat jalan di rumah sakit. Kualitas pelayanan kesehatan
menunjukkan tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam menimbulkan
rasa puas pada diri pasien. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi
literatur, yang dilakukan dengan cara mengumpulkan, mempelajari dan menelaah
buku-buku serta dokumen yang terkait seperti jurnal ilmiah. Obyek penelitian ini
adalah kualitas pelayanan rawat jalan di rumah sakit, dimana analisis data
dilakukan dengan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
diperoleh nilai R2 pada RS. St. Elisabeth Semarang sebesar 0,716, nilai R2 RS.
Thursina Duri sebesar 0,959 dan nilai R2 RS. Sarila Husada Sragen sebesar 0,377,
artinya masing-masing variabel kualitas pelayanan di RS. St. Elisabeth Semarang,
RS. Thursina Duri dan RS. Sarila Husada Sragen secara simultan memberikan
sumbangan pengaruh terhadap kepuasan pasien sebesar 71,6%, 95,9% dan 37,7%.
Sedangkan secara parsial variabel assurance dengan nilai sig. 0,047 < 0,05
berpengaruh dominan dan signifikan terhadap kepuasan pasien di RS. St.
Elisabeth Semarang, responsiveness dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 berpengaruh
dominan dan signifikan terhadap kepuasan pasien di RS. Thursina Duri dan
reliability dengan nilai sig. 0,004 < 0,05 berpengaruh dominan dan signifikan
terhadap kepuasan pasien di RS. Sarila Husada Sragen. Kesimpulan dari
penelitian ini terbukti bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan
pasien rawat jalan di rumah sakit.
Kata kunci: kualitas pelayanan, rawat jalan, rumah sakit, kepuasan pasien
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous