|
PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN SAMARINDA REPOSITORY
|
Select Language
Simple Search
Advanced Search
License
This Software is Released Under GNU GPL License
Version 3.
indexed
Visitors
Statistic
|
Title |
GAMBARAN KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI RSUD DR KANUDJOSO DJATIWIBOWO BALIKPAPAN PERIODE MARET – APRIL 2019 |
Edition |
No. 80 |
Call Number |
362.12 RIF g |
ISBN/ISSN |
|
Author(s) |
RIFKY WIJAYANTO - Personal Name
|
Subject(s) |
Rumah sakit
|
Classification |
362.12 |
Series Title |
|
GMD |
Karya Tulis Ilmiah |
Language |
Indonesia |
Publisher |
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Samarinda |
Publishing Year |
2019 |
Publishing Place |
Samarinda |
Collation |
|
Abstract/Notes |
ABSTRAK
Pelayanan kesehatan adalah pelayanan rumah sakit yang utuh dan berorientasi kepada pelayanan pasien, penyediaan obat yang bermutu, termasuk pelayanan farmasi klinik yang terjangkau bagi semua lapisan masyarakat. Kepuasan konsumen (pasien) merupakan hasil penilaian dalam bentuk respon emosional (perasaan senang dan puas) pada konsumen karena kenyataan melebihi harapan atau keinginan konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien BPJS rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di RSUD Dr.Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan periode Maret–April 2019.
Penelitian yang dilakukan menggunakan analisis data secara deskriptif mengunakan kuesioner sebagai alat pengambilan data. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu pelayanan kefarmasian dan variabel terikat yaitu gambaran kepuasan pasien. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien BPJS rawat jalan atau keluarga pasien dan teknik sampling menggunakan accidental sampling. Untuk mengukur hubungan antara presepsi pasien dan prioritas peningkatan kualitas pelayanan, maka menggunakan Importance-Performance Analysis (IPA) dengan menggunakan diagram kartesius.
Berdasarkan hasil penelitian tingkat kepuasan pasien BPJS rawat jalan di Rumah Sakit Kanudjoso Balikpapan sebesar 83,75 dengan mutu pelayaan baik. Berdasarkan analisis IPA (Importance-Performance Analysis) terdapat 2 dimensi yang memuaskan pasien pada pelayanan kefarmasian yaitu dimensi Reliability dan Assurance. Berdasarkan diagram kartesius unsur yang menjadi prioritas penting untuk ditingkatkan kinerjanya adalah kecepatan waktu pasien menunggu obat sesuai standard dan petugas selalu tepat waktu sesuai jadwal.
Kata kunci: Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), Analisis IPA (Importance-Performance Analysis), Diagram Kartesius |
Specific Detail Info |
|
Image |
|
File Attachment |
LOADING LIST... |
Availability |
LOADING LIST... |
|
Back To Previous |
|