PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN SAMARINDA
REPOSITORY
Select Language

Simple Search

Advanced Search
Title :
Author(s) :
  • SEARCHING...

Subject(s) :
  • SEARCHING...

ISBN/ISSN :
GMD : Collection Type : Location :
License

This Software is Released Under GNU GPL License Version 3.

indexed
Visitors
Flag Counter

Statistic
Total Collection:
Title GAMBARAN KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI RSUD DR KANUDJOSO DJATIWIBOWO BALIKPAPAN PERIODE MARET – APRIL 2019
Edition No. 80
Call Number 362.12 RIF g
ISBN/ISSN
Author(s) RIFKY WIJAYANTO - Personal Name
Subject(s) Rumah sakit
Classification 362.12
Series Title
GMD Karya Tulis Ilmiah
Language Indonesia
Publisher Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Samarinda
Publishing Year 2019
Publishing Place Samarinda
Collation
Abstract/Notes ABSTRAK
Pelayanan kesehatan adalah pelayanan rumah sakit yang utuh dan berorientasi kepada pelayanan pasien, penyediaan obat yang bermutu, termasuk pelayanan farmasi klinik yang terjangkau bagi semua lapisan masyarakat. Kepuasan konsumen (pasien) merupakan hasil penilaian dalam bentuk respon emosional (perasaan senang dan puas) pada konsumen karena kenyataan melebihi harapan atau keinginan konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien BPJS rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di RSUD Dr.Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan periode Maret–April 2019.
Penelitian yang dilakukan menggunakan analisis data secara deskriptif mengunakan kuesioner sebagai alat pengambilan data. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu pelayanan kefarmasian dan variabel terikat yaitu gambaran kepuasan pasien. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien BPJS rawat jalan atau keluarga pasien dan teknik sampling menggunakan accidental sampling. Untuk mengukur hubungan antara presepsi pasien dan prioritas peningkatan kualitas pelayanan, maka menggunakan Importance-Performance Analysis (IPA) dengan menggunakan diagram kartesius.
Berdasarkan hasil penelitian tingkat kepuasan pasien BPJS rawat jalan di Rumah Sakit Kanudjoso Balikpapan sebesar 83,75 dengan mutu pelayaan baik. Berdasarkan analisis IPA (Importance-Performance Analysis) terdapat 2 dimensi yang memuaskan pasien pada pelayanan kefarmasian yaitu dimensi Reliability dan Assurance. Berdasarkan diagram kartesius unsur yang menjadi prioritas penting untuk ditingkatkan kinerjanya adalah kecepatan waktu pasien menunggu obat sesuai standard dan petugas selalu tepat waktu sesuai jadwal.

Kata kunci: Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), Analisis IPA (Importance-Performance Analysis), Diagram Kartesius
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous