PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN SAMARINDA
REPOSITORY
Select Language

Simple Search

Advanced Search
Title :
Author(s) :
  • SEARCHING...

Subject(s) :
  • SEARCHING...

ISBN/ISSN :
GMD : Collection Type : Location :
License

This Software is Released Under GNU GPL License Version 3.

indexed
Visitors
Flag Counter

Statistic
Total Collection:
Title ANALISIS RESPON KONSUMEN TERHADAP STRATEGI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) DI APOTEK RIZKI MAHAKAM FARMA 1 KOTA BANGUN
Edition
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) RIZKI MAHAKAM RIPALDI - Personal Name
Subject(s) Respon Konsumen
Apotek Rizki Mahakam Farma 1
Marketing Mix
Classification
Series Title
GMD Karya Tulis Ilmiah
Language Indonesia
Publisher Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Samarinda
Publishing Year 2022
Publishing Place Samarinda
Collation
Abstract/Notes ABSTRAK

Apotek adalah sarana pelayanan kefarmasian tempat dilakukan praktik
kefarmasian oleh apoteker dan asisten apoteker. Penelitian ini dilaksanakan di
Apotek Rizki Mahakam Farma 1 yang berada di Desa Kota Bangun Ulu,
Kecamatan Kota Bangun Kutai Kartanegara. Dalam 1 tahun terakhir Apotek
Rizki Mahakam Farma 1 mengalami penurunan tingkat pendapatan rata-rata
yang sangat signifikan, hal ini diduga ada faktor yang mengakibatkan
berkurangnya kunjungan pasien yang rata-rata tiap bulannya itu dari 2000
kunjungan pasien menjadi 1000 kunjungan pasien. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh strategi bauran pemasaran terhadap respon
konsumen di Apotek Rizki Mahakam Farma 1 Kota Bangun. Penelitian yang
digunakan adalah penelitian non eksperimental (observasi). Teknik sampling
yang digunakan adalah accidental sampling. Hasil penelitian yang diperoleh dari
316 responden nilai rata- rata keempat komponen bauran pemasaran (marketing
mix) dari segi produk (product) dengan nilai 4,54 (78,5%) termasuk dalam
kategori “Sangat Baik”, harga (price) 3,7 (50,3%) termasuk dalam kategori
“Baik”, tempat (place) 4,58 (83%) termasuk dalam kategori “Sangat Baik”, dan
promosi 4,23 (61%) termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Nilai total rata-rata
dari keempat komponen bauran pemasaran sebesar 4,26 (84%). Berdasarkan
nilai tersebut, hasil penelitian yang diperoleh pada respon total konsumen
terhadap bauran pemasaran di Apotek Rizki Mahakam Farma 1 Kota Bangun
yaitu “Sangat Baik”. Penelitian yang diperoleh dari uji rank spearman test
didapatkan nilai koefisien korelasi sebesar, - 0,024, -0,156, -0,101, dan -0,067
yang berarti tidak ada hubungan yang signifikan antara varibel X dan Y.

Kata kunci : Apotek Rizki Mahakam Farma 1, Marketing Mix, Respon Konsumen.
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous